[Review Komik] Jawara Indonesia

So, sudah cukup lama dari terakhir saya update blog ini, supaya blog ini tidak menjadi kenangan bersama projekan-projekan saya yang lain, akhirnya saya memutuskan untuk me-review sebuah komik lokal yang saya temukan booth-nya di Toyz Fair @Poins Square Minggu kemarin. Komik yang saya temukan itu judulnya JAWARA Indonesia, JAWARA disini merupakan singkatan dari Jagoan Warga Indonesia. Komik ini dikarang oleh Marcelino Lefrandt (yoi, artis itu tuh), saya sendiri tidak sadar sewaktu meminta tanda tangan sang pengarang, walaupun sedikit merasa familiar sih :p. baru setelah sampai rumah saya konfirmasi dan ternyata memang pengarang ini orang yang sama dengan Marcelino artis itu. Saya akan mencoba me-review komik ini dipisahkan ke beberapa kategori:

Signed poster nd comic book
Signed poster and comic book

  • Presentation

Saya cukup suka dengan penyajian cerita yang lompat-lompat sudut pandang tapi masing-masing karakter berada di lokasi yang cukup dekat atau sempat berinteraksi minor. Cara pengarang menyampaikan ceritanya lewat tulisan-tulisan juga sudah cukup baik. Masing-masing karakter berbicara dan bernarasi sesuai dengan tingkah mereka. Hal ini digabungkan dengan kualitas art seperti yang saya sebutkan dibawah, benar-benar berhasil membuat karakter-karakter dalam komik terasa lebih hidup.

Score : 7/10

 

  • Story

Cerita dari komik ini merupakan indirect sequel dari komik Volt yang juga dikarang Marcelino. Seperti yang saya sebutkan diatas, komik ini bisa dibilang memiliki multiple point of view, namun sayangnya sistem multiple point of view ini harus dirusak dengan cerita yang kurang menarik dan pada beberapa point cukup tidak masuk akal. Saya tidak akan menjelaskan bagian mana yg tidak masuk akal karena takut akan memberikan spoiler kepada orang-orang yang berminat untuk membaca komik ini. Sebenernya kebanyakan dari bagian yang tidak masuk akal itu masih cukup bisa dimaklumi karena memang sepertinya target pembaca komik ini adalah anak-anak, tapi menurut saya ada beberapa bagian yang sudah cukup kelewatan (the meteor thingy, seriously!).

Score : 5/10

  • Art

Harus saya akui, saya sangat menyukai kualitas artwork dari komik ini. Tidak seperti prequelnya, Volt, yang ber-style komik Amerika, Jawara Indonesia menggunakan style Manga dalam penyajiannya. Karakter-karakter dari komik ini juga digambarkan sangat sesuai dengan sifat mereka. Contoh paling mudah bisa dilihat dari karakter Linda yang merupakan anak manja, atau karakter Ruben yang cukup dari ilustrasinya bisa dinilai sebagai anak dengan keterbatasan namun dengan imajinasi dan mimpi yang tinggi. Namun tentu saja art dari komik ini tidak luput dari kekurangan, kekurangan yang paling mengganggu saya adalah banyak gambar yang digunakan ulang di tempat yang berbeda. Hal ini memang bertujuan untuk memudahkan dan mengurangi beban kerja ilustrator, namun alangkah baiknya jika penggunaan ulang gambar ini bisa disajikan dengan tidak terlalu ketara, contoh paling mudah bisa dilihat dari adegan ketika Polisi sampai ke TKP, dalam satu halaman kita disajikan dengan 2 panel yang berisi gambar yang sama hanya di flip horizontal saja.

Contoh penghematan gambar

Ada baiknya jika memang ingin melakukan penghematan tenaga dalam menggambar, hal itu tidak dilakukan di halaman yang sama, apalagi halaman tersebut memiliki panel yang sedikit dan gambar yang besar. Adegan kedatangan Polisi itu hanya merupakan satu contoh, masih ada beberapa pengulangan gambar yang terlihat begitu jelas di mata pembaca.

Score : 7/10

 

 Overall, saya rasa komik ini cukup bagus jika memang target pasar utamanya adalah anak-anak. Untuk orang dewasa, mungkin beberapa detail yang saya sebutkan diatas bisa mengurangi kenikmatan membaca. Demikian review dari saya mengenai komik Jawara Indonesia. Karena ini review buku pertama saya, mungkin kedepannya akan ada beberapa perbaikan lagi. Terima Kasih

Overall Score : 6.5/10

6 thoughts on “[Review Komik] Jawara Indonesia

Leave a Reply

