Stereotype karakter badut dalam kisah fiksi

Pennywise the Dancing Clown, karakter buatan Stephen King untuk novelnya yang berjudul It

Badut sewajarnya adalah tokoh yang berfungsi menjadi penggembira suasana, biasanya badut muncul di parade, sirkus, ataupun pesta ulang tahun, tetapi dalam banyak kisah fiksi, peran badut justru sering digambarkan sebagai tokoh antagonis yang kadang cukup kejam. Sebenarnya hal ini tidak terlalu mengherankan juga mengingat paintjob wajah badut yg biasa digambarkan dengan mata seperti mau keluar dan mulut tersenyum lebar cukup mirip dengan penggambaran wajah iblis di beberapa media ataupun karya seni. Selain itu, ketakutan akan badut, yang biasa disebut Coulrophobia, juga merupakan hal yang cukup wajar. Tidak sedikit anak-anak maupun orang dewasa yang menderita Coulrophobia.
Berikut saya akan membahas beberapa karakter badut dalam kisah fiksi yang saya ikuti, jadi jangan heran kalau beberapa tokoh evil clown terkenal seperti Pennywise the Dancing Clown dari novel Stephen King berjudul It tidak saya masukan.

Joker

Joker di cover komik The Killing Joke

Siapa yang tidak kenal tokoh psycho yang satu ini. Menurut saya sendiri Joker adalah salah satu tokoh antagonis terbaik dalam kisah fiksi. Namun seperti komik Amerika lainnya yang mempunyai terlalu banyak versi dan universe, asal mula lahirnya tokoh ini kurang pasti, walaupun di komik The Killing Joke diceritakan masa lalu Joker dan menurut saya versi The Killing Joke bisa dibilang versi paling sempurna dari tokoh Joker.

Kefka Palazzo

Kefka by Yoshitaka Amano

Menurut saya pribadi Kefka adalah tokoh antagonis video game terbaik yang pernah ada. Kefka adalah tokoh antagonis dari Final Fantasy VI. Dia merupakan karakter yang gila (bisa dilihat dari penampilannya) dan bisa dianggap sebagai seorang nihilist. Saya tidak mau bercerita banyak-banyak mengenai Kefka karena takut memberikan spoiler kepada orang-orang yang mau mencoba memainkan FF VI, tapi saya yakin orang yang pernah main FF VI akan setuju dengan pendapat saya bahwa Kefka adalah salah satu badut paling gila yang ada di kisah fiksi.

Hisoka

Hisoka

Hisoka adalah karakter dari anime/manga Hunter X Hunter karangan Yoshihiro Togashi. Hisoka sendiri bukanlah karakter antagonis, tapi lebih cocok untuk masuk dalam peran anti-hero. Hal-hal yang dia lakukan sepanjang cerita HxH sendiri semuanya dia jalankan hanya berdasarkan keinginan dan kepuasan pribadi, tanpa (mungkin ada sedikit) memperdulikan konsekuensinya ke orang lain.

Violator

Violator

Violator adalah salah satu musuh utama dari Spawn. Tidak banyak yang bisa saya bicarakan mengenai Violator karena saya sendiri tidak terlalu jauh membaca Spawn. Tapi dilihat dari Spawn yang bisa dibilang anti-hero saja jangan heran kalau musuhnya bisa menjadi semengerikan apa.

Piedmon

Piedmon

Piedmon dari Digimon adalah salah satu Digimon dengan kelas Mega. Penggambaran dia sebagai salah satu major antagonist di seri ini dengan atribut Virus cukup menggambarkan betapa senangnya pengarang kisah fiksi menggambarkan badut sebagai karakter jahat.

Suzuki dari Yu Yu Hakusho dan Juggler dari Bt’X

Juggler dari Bt’X
Suzuki dari Yu Yu Hakusho

Dua karakter dari dua anime berbeda ini sebenernya bukanlah karakter yang terlalu penting. Bahkan kemunculan mereka di masing-masing seri terkesan dipaksakan, namun kesan paksa itu justru membuat saya tertarik pada mereka. Dua karakter ini seakan-akan ingin makin memperkuat image badut sebagai sesuatu yang jahat, walaupun untuk kasus Yu Yu Hakusho, si badut pada akhirnya berpindah menjadi berpihak ke kelompok protagonist (bagian ini buka major spoiler kok :p).

Selain yang saya sebutkan diatas, masih banyak karakter-karakter evil clown lainnya seperti Joker-sama dari Persona 2, The Joker dari Monster Rancher, Zorn and Thorn dari Final Fantasy IX, Buggy dari One Piece, Jester dari Devil May Cry 3, dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s