Ujian SIM di Jakarta VS. Driving School Test di GTA: San Andreas

Di tulisan saya yang sekarang, saya mau membahas hal yang lumayan berbeda dari biasanya (agak ga jelas juga sih tujuan tulisan yang ini). Kira-kira sebulan yang lalu saya pergi ke Daan Mogot untuk memperpanjang SIM A saya yang sudah habis setahun lebih. Menurut peraturan yang ada, kalau sudah hangus setahun dan tidak diperpanjang, maka pemohon harus melakukan tes ulang. Pertama kali saya melakukan tes SIM, saya lakukan melalui agen dan dilaksanakan bersama rombongan, saat itu rasanya lancar sekali menjalankan tesnya, bahkan untuk tes prakteknya saja saya hanya perlu menggerakkan mobil kira-kira semeter ke depan dan langsung lulus. Tes yang sekarang saya lakukan sendiri tanpa agen, biayanya tentu jauh lebih murah, saya hanya perlu membayar 80.000 rupiah, bandingkan dengan agen yang kadang sampai 400.000 rupiah.

Awalnya saya pikir tes yang ada tidak akan jadi halangan, toh saat baru mendaftar SIM saja saya bisa lolos dengan mudahnya, apalagi dengan pengalaman saya mengemudi 6 tahun terakhir, harusnya tes-tesnya bukan jadi masalah, ternyata saya salah besar.

Thorin agreed

Saya berhasil lolos tes teori dengan nilai yang sangat mepet, itupun rasanya hanya saya, beberapa peserta, dan rombongan supir angkot (yang lulus dengan mencurigakan) yang berhasil lulus tes teori, selain itu hampir 30 orang gagal semua. Dari tes teori pun saya langsung lanjut tes praktek, saya pikir kalau sudah sampai tes praktek rasa-rasanya kecil lah kemungkinan gagal, ternyata oh ternyata, syarat lulus tes praktek itu betul-betul nyaris mustahil. Saya terpaksa harus mengulang tes prakteknya sebulan kemudian, dan ternyata masih gagal juga! Tapi di tes kedua ini penguji saya langsung memulai basa basi yang cukup basi, dan akhirnya saya lulus tes praktek :ifyouknowwhatimean:.
Ini satu-satunya gambar tentang ujian praktek SIM A yang saya temukan

Tingkat kesulitan di ujian praktek ini betul-betul mengingatkan saya kepada game Grand Theft Auto: San Andreas. Di San Andreas, karakter utama dari game ini, CJ, harus melewati 12 tes di Driving School untuk melanjutkan cerita. 12 tes tersebut antara lain:

  1. The 360
  2. The 180
  3. Whip and Terminate
  4. Pop and Control
  5. Burn and Lap
  6. Cone Coil
  7. The ’90’
  8. Wheelie Weave
  9. Spin and Go
  10. P.I.T. Maneuver
  11. Alley Oop
  12. City Slicking

Bayangkan kalau kita harus melakukan hal seperti ini untuk sekedar dapat SIM A

Untuk detail mengenai tes-tesnya, silahkan cek Google sendiri ya :p. Tes-tes dari GTA: San Andreas ini cukup gila untuk diterapkan ke dunia nyata. Karena memang mustahil seorang yang ikut kursus mengemudi sudah harus bisa mengedarai mobilnya hanya dengan 2 roda. Dengan tingkat kesulitan seperti ini, saya yakin tes-tes yang ada di GTA tidak mungkin diterapkan di dunia nyata, tapiiiii! Tes yang ada di dunia nyata, menurut saya sangat bisa untuk diterapkan di GTA, hell! Bahkan tes-tes dari dunia nyata ini bisa jadi tes paling sulit di GTA. Bayangkan saja kalau seandainya di GTA player harus mundur zig-zag tanpa mengenai cone sedikitpun dan tidak boleh maju sama sekali, atau seandainya player disuruh untuk memarkirkan mobil dengan cara mundur dan sama-sama tidak boleh maju dan menjatuhkan cone sama sekali. Saya yakin pasti akan banyak sekali player yang memaki-maki Rockstar seandainya tes itu benar-benar di implement ke dunia GTA.

5 thoughts on “Ujian SIM di Jakarta VS. Driving School Test di GTA: San Andreas

  1. Bukannya udah ada Grand Turismo ya? Disitu ada tes licence yang lumayan susah. Kecepatan harus sekian dalam waktu sekian pake mobil standar dan ga boleh keluar jalur. Tapi klo GTA mah… muke gile ah klo mesti tes jalan pake dua roda di sisi mobil.

    1. hahaha kalo GT kan memang gamenya kita harus nyetir bener Ya
      kalo GTA kan yang biasanya nyetir ugal-ugalan ato biasa tiba2 disuruh nyetir super rapih yang ga masuk akal, lebih pas di analogikan sama pengalaman gw kayaknya

Leave a Reply

